Tak Ingin Sakit Saat Musim Pancaroba? Coba 4 Tips ini

Saat musim pancaroba, sebagian virus dan bakteri merasa gencar menyerang tubuh Anda. Alhasil, Anda akan menjadi lebih mudah jatuh sakit di. Namun, Anda tidak wajib khawatir. Yuk, ikuti sebagian tips tersebut sehingga Anda tidak mudah sakit di musim pancaroba.

Musim pancaroba mengakibatkan penyakit

Musim pancaroba adalah peralihan antara musim penghujan bersama musim kemarau. Ini menyebabkan cuaca kadang mendung, hujan, berangin, atau apalagi benar-benar panas.

Cuaca yang tidak menentu ini biasanya akan mengakibatkan bakteri dan virus untuk menyebabkan infeksi terhadap tubuh. Mulai dari pilek, flu, batuk hingga sakit tenggorokan.  Meskipun semua penyakit tersebut bisa diobati bersama mudah, gejala yang ditimbulkan selalu saja mengganggu kenyamanan Anda untuk beraktivitas.

Tips menghambat sakit di musim pancaroba

Siapa pun tentu tidak dambakan sakit di musim pancaroba, bukan? Nah, kunci sehingga pertahanan tubuh Anda lebih kuat dari infeksi virus dan bakteri adalah tingkatkan sistem imun.

Meningkatnya sistem imun menyebabkan tubuh lebih responsif terhadap zat asing. Selain itu, antibodi yang dihasilkan untuk melawan patogen (bibit penyakit) pun akan jauh lebih kuat.

Untuk menolong imun, ada berbagai langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Makanan adalah sumber daya dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya merawat organ tubuh sehingga bekerja secara normal, nutrisi dari makanan, seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata secara khusus bisa menolong sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

2. Minum air putih yang cukup

Tips seterusnya yang wajib Anda jalankan sehingga tidak sakit di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air tiap-tiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, namun termasuk merawat kelembaban tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air menolong mengedarkan oksigen ke semua bagian tubuh dan menolong mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak bisa bekerja bersama efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air tiap-tiap di musim pancaroba perlu untuk menghambat sakit.

Namun, kebutuhan air tiap-tiap orang itu berbeda-beda, terkait bersama usia, suasana kesehatan, dan kesibukan yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang wajib dipenuhi anak-anak dan orang dewasa tiap-tiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau lebih kurang 8 gelas sehari.

3. Cukup tidur

Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, maka Anda wajib sempurnakan bersama tidur cukup. Tidur merupakan saat bagi organ tubuh Anda untuk beristirahat. Jika Anda kerap begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan menyebabkan Anda jatuh sakit di musim pancaroba.

Cobalah untuk menyesuaikan kembali jam tidur dan bangun Anda. Hindari kesibukan yang bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel, baca bukan, atau makan.

4. Olahraga

Cuaca tidak menentu selama musim pancaroba kemungkinan menyebabkan Anda malas untuk berolahraga. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan. Pasalnya, olahraga merupakan kesibukan yang menyehatkan tubuh Anda. Apalagi kalau dambakan Anda tidak dambakan jatuh sakit di musim pancaroba.

Olahraga akan merangsang mengolah hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati bersama menyebabkan perasaan Anda menjadi lebih bahagia dan bahagia. Selain itu, dopamin termasuk digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk menyesuaikan respons tubuh terhadap infeksi.

Tidak wajib memilih model latihan yang sulit, Anda bisa coba untuk lari, jogging, jalur santai, atau bersepeda.

Perlukah dibantu bersama minum suplemen?

Boleh-boleh saja kalau Anda minum suplemen sebagai pelindung ganda sehingga tidak mudah sakit di musim pancaroba. Asal dokter sudah mengimbuhkan Anda lampu hijau.

Jika kebutuhan nutrisi sudah tercukupi, suplemen sesungguhnya tidak dibutuhkan. Terkecuali, kalau Anda sesungguhnya punya sistem kekebalan tubuh yang lemah, minum suplemen tentu akan benar-benar bermanfaat.

Suplemen yang biasanya disarankan untuk tingkatkan daya tahan tubuh, antara lain vitamin C, zat besi, dan vitamin B6 atau madu.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0