Jangan Minum Obat Sambil Tiduran!

Saat sakit, tubuh Anda biasanya menjadi amat lemas sehingga malas untuk bangun. Kondisi ini kerap kali menjadi alasan Anda minum obat dengan posisi berbaring. Namun, bolehkah minum obat khususnya yang berupa pil sambil tiduran? Cari tahu jawabannya selanjutnya ini.

Boleh tidak minum obat pil sambil tiduran?

Meskipun tubuh lemah, Anda tidak direkomendasikan untuk minum obat sambil tiduran. Terutama pada obat yang berupa pil atau kapsul. Obat style ini, apalagi tidak diminum sambil tidur pun kerap kali tersangkut di kerongkongan.

Obat yang tersangkut ini tidak cuma mengakibatkan tenggorokan Anda menjadi tidak nyaman. Obat yang tersangkut ini bisa membiarkan bahan kimia yang dikandungnya sehingga mengiritasi lapisan kerongkongan. Akibatnya, lapisan bakal terluka, berlubang (perforasi), berdarah, atau pun menyempit.

Menurut John Hopkins Medicine, tersedia lebih dari satu orang dengan situasi spesifik yang berisiko mengalami masalah pada kerongkongan jikalau minum obat sambil tiduran, pada lain:

  • Orang dengan striktur (penyempitan kerongkongan)
  • Orang yang memiliki scleroderma (pengerasan kulit)
  • Orang yang memiliki achalasia (aktivitas otot tidak teratur kerongkongan yang menunda perjalanan makanan)
  • Orang dengan stroke

Selain masalah pada kerongkongan, minum obat pil sambil berbaring juga bisa mengakibatkan Anda tersedak. Hal ini Anda melepehkan kembali obat yang Anda minum.

Jangan tiduran, begini posisi minum obat yang benar

Sudah tahu apa akibatnya minum obat sambil tiduran? Nah, untuk menjauhkan risiko tidak baik akibat minum obat dengan posisi berbaring, jangan malas untuk membetulkan posisi Anda.

  • Cobalah untuk meletakkan bantal di belakang punggung untuk menunjang tubuh sehingga Anda bisa duduk dengan tegak. Jika amat lemas, minta dukungan pasangan atau anggota keluarga untuk menunjang Anda duduk.
  • Setelah minum obat, jangan langsung berbaring kembali. Anda mesti menunggu 10 sampai 15 menit dengan posisi yang mirip sehingga obat lancar melewati kerongkongan Anda. Jangan lupa, buat persiapan segelas air putih untuk mendorong obat melewati mulut dan kerongkongan dengan baik.
  • Selain posisi duduk tegak, tersedia juga pakar kesegaran yang memberi saran minum obat sambil berdiri. Namun, posisi ini biasanya bisa ditunaikan jikalau Anda bisa untuk berdiri.

Cara minum obat yang benar dan aman

Selain tidak minum obat sambil tiduran, tersedia lebih dari satu peraturan minum obat lainnya yang mesti Anda perhatikan, di antaranya:

1. Baca selalu peraturan pakai

Setiap obat memiliki peraturan minum yang berbeda-beda. Jangan sekali-kali minum obat tanpa membaca lebih dahulu peraturan pakainya. Pasalnya, sikap Anda yang teledor ini bisa mengakibatkan sementara minum dan dosis obat yang tidak tepat.

2. Jangan minum melebihi dosis

Minum obat melebihi dosis tidak mengakibatkan tubuh Anda sehat lebih cepat. Sebaliknya, pengaruh samping yang Anda rasakan bakal tambah makin tambah parah.

3. Tidak mencampurkan obat dengan cairan lain

Selain tidak minum obat sambil tiduran, minum obat yang paling baik gunakan air putih, bukan teh, susu, atau alkohol. Minuman tidak cuman air putih mengandung kafein atau zat lainnya yang bisa mengurangi efektivitas obat. Bahkan menimbulkan pengaruh samping yang lebih mengkhawatirkan.

4. Konsultasi dengan dokter

Penyakit enteng seperti flu atau pilek biasanya lebih enteng diobati. Namun, jikalau Anda terkena penyakit ini disertai masalah medis lain, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, hipertensi, atau masalah pada hati sebaiknya konsultasi lebih dahulu sebelum akan gunakan obat tertentu.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0