Intip Pentingnya Pakai Sunscreen Tiap Hari!

Terkena sinar UV, alias sinar matahari selain bisa sebabkan kulit terbakar juga bisa sebabkan kanker kulit. Nah, salah satu cara efisien untuk menghambat rusaknya kulit adalah dengan mengfungsikan sunscreen.

Sebenarnya, apa sih sunscreen itu?

Sunscreen adalah produk perawatan kulit berwujud losion, spray, gel, foam, atau stick yang bisa digunakan untuk memelihara kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB.

Meski UVA dan UVB sama-sama tidak baik bagi kulit, sinar UVA mengundang dampak rusaknya yang lebih parah dikarenakan bisa menembus bagian terdalam kulit Anda. Bayangkan saja, radiasi sinar UVA bisa menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, apalagi kala cuaca tengah mendung. Sinar UVA bisa mempercepat penuaan kulit serta sebabkan keriput dan flek hitam.

Sementara sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang miliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Sinar UVB tidak menembus kaca dan awan, namun radiasinya jauh lebih kuat daripada UVB. Terkena sinar UVB sebentar saja bisa sebabkan kulit terbakar (sunburn).

Jika kulit sering terkena radiasi ke-2 sinar tersebut, risikoAnda terkena kanker kulit pun kian besar.

Jenis-jenis sunscreen

Berdasarkan bahan yang digunakannya, sunscreen dikategorikan jadi dua jenis, yaitu:

Sunscreen physical

Bekerja dengan cara sebabkan suatu susunan di permukaan kulit agar bisa halangi sinar UV agar tidak menembus susunan kulit bagian dalam. Sunscreen ini kebanyakan memiliki kandungan bahan aktif layaknya zinc oxide dan titanium dioxide.

Sunscreen chemical

Bekerja dengan cara sebabkan suatu susunan di permukaan kulit untuk menyerap kekuatan radiasi UV, agar tidak hingga terserap atau masuk ke susunan kulit bagian dalam. Sunscreen chemical memiliki kandungan lebih dari satu bahan aktif layaknya cinnamates, octisalate, ovybenzone, dioxybenzone. Sunscreen model ini yang sering disebut sebagai sunblock.

Kebanyakan formulasi sunscreen yang dijual di pasaran merupakan kombinasi dari physical dan chemical.

Beda sunscreen dan sunblock

Sunblock, makna yg kurang pas dikarenakan tidak ada satupun persentase di dalamnya yang bisa memblok sinar uv. Bahkan, di Amerika, pemanfaatan kata sunblock sebenarnya sudah dilarang oleh FDA, lembaga yang setara dengan Badan POM di Indonesia.

Jadi, makna pemanfaatan kata sunblock sudah digunakan lagi, dikarenakan lebih pas Mengenakan makna sunscreen.

Pentingnya mengfungsikan sunscreen tiap tiap hari

Efek paparan sinar UV bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Beberapa dampak jangka pendek meliputi:

  • Terbakar matahari (sunburn)
  • Kulit gelap
  • Kulit hitam
  • Kulit kusam

Sementara dampak jangka panjang meliputi:

  • Penuaan kulit
  • Kulit keriput
  • Kulit kendur/tidak kencang
  • Muncul bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam
  • Bahkan, risiko kanker kulit

Jika Anda tak senang mengalami bermacam dampak di atas, maka jangan lupa mengfungsikan sunscreen tiap tiap hari, lebih-lebih waktu tengah beraktivitas di luar ruangan. Tak cuma orang dewasa saja, bayi pun sebaiknya juga dioleskan sunscreen tiap tiap kali kala dapat dibawa terlihat rumah. Namun, pemanfaatan sunscreen direkomendasikan pada bayi di atas umur 6 bulan.

  • Ingat, sinar UVA menghantui Anda tiap tiap hari, apalagi kecuali cuaca mendung. Jadi, jangan malas untuk mengfungsikan sunscreen tiap tiap kali berkegiatan di luar ruangan.
  • Jangan lupa, mengfungsikan sunscreen tiap 2 jam sekali
    Anda tentu sudah tak asing kembali dengan anjuran mengfungsikan sunscreen tiap tiap 2 jam jam sekali. Namun, kenapa, ya, harus 2 jam sekali?

Faktanya, meski sunscreen ampuh untuk halangi sinar matahari menembus kulit, namun kekuatan perlindungannya dapat makin lama berkurang dari waktu ke waktu sejak awal digunakan. Entah itu dikarenakan keringat, gesekan dengan kulit, ekspresi wajah, atau lain sebagainya.

Jadi, kecuali menginginkan mendapatkan pertolongan yang maksimal, sunscreen harus diulang pemakaiannya secara berkala tiap tiap 2 jam sekali. Apalagi kecuali sehari-hari Anda berkegiatan di luar ruangan yang memungkinkan terkena matahari secara langsung.

Anda juga sebaiknya mengfungsikan sunscreen kecuali berada di ruangan yang masih terkena sinar matahari, bila ada jendela dan pintu yang memungkinkan sinar matahari masuk atau ada langit-langit kaca. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sinar UVA bisa menembus kaca, lho!

Panduan mengfungsikan sunscreen

Agar produk sunscreen yang Anda mengfungsikan bekerja secara optimal, berikut lebih dari satu anjuran mengfungsikan sunscreen yang harus Anda perhatikan baik-baik.

  • Pilihlah sunscreen dengan SPF sekurang-kurangnya 30.
  • Pemilihan sunscreen terkait pada keadaan kulit masing-masing. Jika dirasa kulit Anda sensitif, maka Anda bisa mengfungsikan sunscreen model physical.
  • Sunscreen diaplikasikan pada seluruh area yang tidak tertutup baju. Mulai dari wajah, leher, lengan, dan bagian kaki.
  • Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) menganjurkan pemanfaatan sunscreen lebih kurang 1 sendok teh di area wajah, leher, dan kepala. Begitu pun untuk area tangan.
  • Sementara untuk area dada depan dan punggung belakang, sekujur paha hingga kaki, masing-masing membutuhkan lebih kurang 2 sendok teh sunscreen.
  • Sunscreen adalah step paling akhir dari skincare. Jika Anda bermake up maka sunscreen digunakan sebelum akan mengfungsikan make up.
  • Intinya, tetap perhatikan area tubuh mana saja yang terbuka (tidak tertutup pakaian) dan tanpa perlindungan, maka di situlah area yang harus diolesi sunscreen.

Tetap mengfungsikan sunscreen meski kulit sudah terlanjur rusak

Jika sudah terlanjur terlihat dampak tidak baik dari paparan matahari, sunscreen tetap diperlukan untuk menghambat rusaknya bertambah banyak atau meluas. Guna melakukan perbaikan rusaknya yang sudah terjadi maka harus penanganan-penanganan spesifik yang dapat disesuaikan dengan keadaan rusaknya masing-masing.

Anda bisa berkonsultasi lebih-lebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat kegunaan mendapatkan penanganan terbaik cocok keadaan Anda.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0