Harap diperhatikan, Amandel Bengkak Bisa Ganggu Waktu Tidur Si Kecil

Salah satu dampak dari amandel bengkak terhadap anak adalah problem pernapasan selagi tidur yang disebut obstructive sleep apnea (OSA). Amandel yang bengkak terhadap anak kebanyakan disebabkan oleh peradangan, perihal ini kelanjutannya menyebabkan jalan pernapasan tersumbat. Gangguan ini sanggup menyebabkan terhentinya napas selagi sepanjang anak tertidur. Bila tidak lekas diatasi, amandel yang bengkak bakal mengganggu tidur anak sehingga menurunkan kualitas tidur.

Dampak amandel bengkak terhadap kualitas tidur anak

Setiap anak sanggup mengalami gejala problem tidur yang berbeda. Namun, ada sebagian gejala lazim yang kudu Anda amati selagi anak tertidur. Di antaranya:

  • Mendengkur atau mengeluarkan suara nyaring.
  • Bernapas melalui mulut.
  • Gelisah selagi tidur, baik disertai periode terbangun ataupun tidak.
  • Tampak tidak bernapas sepanjang sebagian detik. Anak Anda mungkin kelihatan menarik napas dengan dada yang naik dan turun, tapi tidak ada udara yang masuk karena jalan udara terhalangi amandel yang membengkak.
  • Perhatikan pula tingkah laku buah hati Anda selagi ia meniti kegiatan sehari-hari. Amandel yang bengkak  terhadap anak bakal mengganggu tidurnya, sehingga menimbulkan dampak lain seperti mudah marah, menjadi hiperaktif, atau ada problem fokus selagi belajar.

Mengatasi amandel agar tidak lagi mengganggu tidur

Jika amandel bengkak terhadap anak ini terasa menimbulkan beraneka dampak lain dan menyebabkan Anda cemas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter kebanyakan bakal lakukan kontrol lebih lanjut dan menilai seberapa besar ukuran amandel yang terinfeksi sebelum merekomendasikan operasi.

Selama amandel bengkak tidak mengganggu kualitas tidur, perkembangan, dan perilaku anak, Anda sesungguhnya sanggup pilih opsi tidak cuman operasi. Anda sanggup menanti hingga anak tumbuh lebih besar , sudah pasti dengan persetujuan dokter.

Namun, sekiranya berjalan infeksi berulang, tidak membaik dengan antibiotik, dan mengalami OSA yang disebabkan oleh radang amandel ini sanggup pertanda bahwa anak Anda perlu operasi pengangkatan amandel.

Operasi amandel kebanyakan dilakukan di dalam selagi singkat dan anak Anda sanggup segera pulang terhadap hari yang sama. Beberapa pasien mungkin kudu meniti perawatan sekiranya terkandung kondisi seperti:

  • memiliki penyakit kronis
  • bermasalah dengan kejang
  • berusia kurang dari tiga tahun
  • tidak lumayan minum sesudah operasi
  • mengalami komplikasi

Apakah operasi amandel safe bagi anak-anak?

Gangguan pernapasan yang tidak ditangani dengan baik sanggup merubah kesegaran anak secara keseluruhan. Kualitas tidur yang alami penurunan bakal mengganggu memproduksi hormon pertumbuhan sehingga pertambahan tinggi anak menjadi terhambat. Anak dengan problem tidur juga cenderung mengalami persoalan perilaku, sekiranya problem perilaku hiperaktif.

Seperti tipe operasi lainnya, operasi amandel juga punyai risiko komplikasi. Komplikasi berikut antara lain perdarahan terhadap luka operasi, demam, dehidrasi, dan ada problem bernapas. Meski demikian, risiko ini relatif kecil dan sanggup diantisipasi dengan perawatan pascaoperasi yang tepat.

Amandel yang bengkak sanggup mengganggu tidur dan menyebabkan anak terus terbangun selagi malam hari. Kondisi ini bakal menyebabkan beraneka persoalan kesegaran lebih lanjut serta berdampak terhadap perkembangannya di kemudian hari.

Bagi anak-anak yang punya masalah dengan amandel, operasi sanggup menjadi solusi yang safe dan efektif. Efek sampingnya pun relatif mudah dan sanggup diatasi dengan baik sepanjang orang tua jelas cara melindungi anak sesudah operasi.

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0