5 Cara Ampuh Basmi Kaki Kapalan!

Bukan hanya kulit pecah-pecah, kapalan di telapak kaki kerap jadi keluhan banyak orang. Kondisi ini kadang menimbulkan rasa sakit. Meski tidak membahayakan, jangan sepeekan hal ini. Anda sanggup laksanakan beberapa cara gampang di rumah untuk membuat sembuh kapalan.

Cara membuat sembuh kaki kapalan di rumah

Kapalan pertanda ada penebalan kulit. Kapalan sanggup berlangsung di tangan, siku, lutut, tapi paling kerap menyerang telapak kaki. Kondisi ini berlangsung akibat ada gesekan dan tekanan yang berlebihan atau iritasi pada telapak kaki Anda.

Selain menjadi menebal kala disentuh, kapalan termasuk mengakibatkan warna kulit berubah jadi kuning kepucatan. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan kaki menjadi tidak nyaman kala bergesekan dengan alas kaki atau lantai, rasa sakit pun kadang terjadi. Supaya terbebas berasal dari kapalan di kaki, Anda sanggup mencoba beberapa perawatan rumahan di bawah ini.

1. Rendam kaki dengan garam epsom

Oleh karena kapaan berlangsung akibat penebalan pada kulit kaki, maka itu yang kudu Anda laksanakan adalah mengikisnya. Anda sanggup melakukannya dengan merendam kaki dalam larutan garam epsom. Cara ini sanggup membuat sembuh kaki kapalan dengan melunakkan penumpukan kulit sehingga lebih gampang untuk dibersihkan.

Siapkan air hangat dengan campuran garam epsom. Kemudian, siapkan termasuk batu apung untuk digosokkan pada kaki. Selanjutnya, rendam kaki Anda sepanjang 10 menit dalam larutan tersebut. Setelahnya, gosok telapak kaki dengan batu apung sehingga kulit yang menumpuk terlepas.

Setelah digosokkan, bilas kaki Anda dengan air bersih. Lanjutkan dengan mengeringkan kaki dengan handuk lembut dan olesi pelembap khusus untuk telapak kaki.

2. Gunakan krim khusus

Tujuan pemakaian krim eksfoliator untuk bersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Ini sanggup jadi cara alternatif untuk membuat sembuh kaki kapalan, kalau Anda tidak memiliki garam epsom atau batu apung.

Anda sanggup menggunakan krim yang mengandung asam salisilat, urea, atau amonium laktat yang dijual di toko obat atau apotek. Supaya hasilnya efektif, Anda kudu mengoleskan krim ini secara teratur tiap-tiap hari sesudah mandi dan sebelum saat tidur. Seiring waktu, sel kulit mati yang menebal bakal melunak dan gampang dibersihkan.

3. Oleskan pasta baking soda

Baking soda atau soda kue, kerap kali digunakan sebagai obat alami untuk beberapa masalah kulit, salah satunya kapalan di telapak kaki. Caranya lumayan mudah, yaitu buat pasta soda kue dan olesi pada kaki.

Campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue dalam wadah. Kemudian, aduk secara merata hingga membentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk nipis dan aduk ulang hingga rata.

Bersihkan kaki terlebih dahulu dan keringkan. Oleskan pasta pada telapak kaki, tutupi dengan kaus kaki atau perban kasa sehingga pasta tidak mengotori benda sekitarnya. Lakukan perawatan kaki kapalan ini tiap-tiap malam secara teratur dan bersihkan di esok harinya.

4. Gunakan foot files

Foot files adalah alat khusus untuk mendukung pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk. Bentuknya seperti sisir vent brush tanpa sikat, tapi ditambah dengan logam dan pegangan berasal dari karet atau karet. Anda sanggup menggunakan alat ini seperti menggosokkan batu apung.

Namun, di awalnya Anda kudu merendam kaki dengan air hangat. Gunakan sesudah Anda mandi, bilas hingga bersih, dan olesi dengan pelembap sehingga kulit tidak kering dan senantiasa halus.

5. Rendam kaki dengan air hangat

Selain garam dan soda kue, ternyata ada banyak bahan lainnya yang sanggup membuat sembuh kaki kapalan, misalnya, tea tree oil, cuka apel, dan castor oil. Bahan-bahan selanjutnya berupa antibakteri, antijamur, dan sanggup jadi pelumas sehingga sel kulit mati yang menumpuk lebih gampang dibersihkan.

Untuk tea tree oil, Anda hanya kudu mencampurkan beberapa tetes minyak dalam air hangat. Cara ini serupa halnya dengan castor oil dan cuka apel. Kemudian, rendam kaki tidak lebih berasal dari 15 menit dan gosok tempat kaki yang kapalan. Lanjutkan dengan pembilasan untuk menghilangkan kulit mati.

Supaya lebih efektif, perhatikan beberapa hal ini

Supaya proses pengobatan lebih cepat dan kaki kapalan tidak ulang kambuh, ikuti beberapa tips yang direkomendasikan oleh Nada Elbuluk, MD, FAAD, asisten dosen dermatologi di NYU Langone Medical Center selanjutnya ini.

  • Jangan terlampau keras kala menggosok kulit yang menebal. Ini sanggup mengakibatkan kulit jadi tidak tebal dan gampang terluka, berdarah, dan infeksi.
  • Selalu olesi pelembap sesudah pengobatan dilakukan sehingga kulit tidak kering.
  • Gunakan kaus kaki atau bantalan di sepatu Anda sehingga tekanan pada kaki tidak terlampau besar dan menimbulkan kaki kapalan.
  • Gunakan sepatu yang pas ukuran dan sesuai untuk kegiatannya. Ini dilakukan untuk menjauhi gesekan pada kaki.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0