4 Tips Cegah Maag Kambuh Akibat Insomnia

Tahukah Anda kalau maag kambuh tak cuma gara-gara pola makan yang sembarangan? Nyatanya, pola dan jadwal tidur Anda termasuk memengaruhi kambuhnya gejala asam lambung naik atau GERD. Jika Anda terus-terusan begadang dan tidak cukup tidur di malam hari, bukan tidak mungkin maag akan konsisten kambuh. Sebenarnya, apa ya yang sebabkan tidak cukup tidur mampu menjadi penyebab maag kambuh?

Benarkah tidak cukup tidur menjadi penyebab maag kambuh?

Jika ditanya apakah tidak cukup tidur adalah tidak benar satu penyebab maag kambuh, jawabannya sesungguhnya iya. Namun, sesungguhnya ke-2 hal ini mampu terjadi sebaliknya. Jadi, maag kambuh mampu ditimbulkan oleh jadwal tidur yang berantakan, namun tidak cukup tidur mampu disebabkan termasuk oleh gejala GERD.

Ketika malam hari, sistem pencernaan selalu bekerja dan menghasilkan asam lambung. Bila kala itu Anda tidak makan serupa sekali atau kala tidur cukup jauh bersama dengan jadwal makan yang terakhir kali, benar-benar mungkin Anda akan mengalami maag. Tentu saja, gejala maag kambuh di malam hari sebabkan tidur Anda tidak nyenyak lebih-lebih mampu sebabkan Anda insomnia.

Namun, sayangnya kala Anda tidak cukup tidur, justru tubuh tidak punyai peluang untuk melakukan perbaikan dan menyiapkan kekuatan untuk keesokan harinya. Ya, kala tidur tubuh selalu bekerja, termasuk sistem pencernaan Anda. Saat Anda tidak tidur maka sistem berikut terganggu, selanjutnya mengganggu kerja sistem pencernaan juga.

Belum ulang kalau insomnia ini sebabkan Anda mulai ‘iseng’ dan kelaparan di malam hari. Akhirnya, Anda ngemil makanan yang tidak cukup sehat. Nah, rutinitas ini yang kemudian mengacaukan jadwal sistem pencernaan Anda. Seharusnya organ pencernaan kala itu menyiapkan kekuatan untuk esok hari, malah disuruh bekerja untuk mencerna makanan kala itu.

Alhasil, asam lambung naik dan selanjutnya sebabkan tidak cukup tidur menjadi penyebab maag kambuh keesokan harinya.

Mencegah maag kambuh kalau Anda tidak cukup tidur

Jika sesungguhnya penyebab maag Anda kambuh adalah tidak cukup tidur, pasti saja yang mesti diperbaiki pertama kali adalah jadwal istirahat Anda. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang serupa tiap-tiap harinya. Hal ini akan sebabkan jam biologis Anda selalu terjaga bersama dengan baik.

Selain itu, sehingga tidur lebih nyenyak dan tidak tersedia ulang serangan maag di pagi hari, Anda mampu ikuti beberpa tips berikut ini:

1. Rutinitas sebelum saat tidur

Sebenarnya, kalau kita melakukan beberapa hal yang mampu melakukan perbaikan kualitas tidur kita, penyebab sakit perut gara-gara tidak cukup tidur pun mampu berkurang. Cobalah untuk mandi bersama dengan air hangat atau minum secangkir teh herbal, layaknya chamomile atau lemon.

Keduanya dipercaya mampu menurunkan tingkat stres dan melakukan perbaikan pencernaan kita. Sebuah penelitian mengungkap bahwa takaran melatonin pada teh herbal termasuk mampu sebabkan kita cepat mengantuk, sehingga mampu tingkatkan durasi tidur kita.

2. Mempersiapkan diri

Apabila sesungguhnya rasa mulas pada perut sukar untuk diatasi, persiapkan diri Anda bersama dengan hal tersebut. Frustasi cuma akan sebabkan diri Anda stres, sehingga justru akan makin lama sukar untuk tidur dan sebabkan peningkatan asam lambung.

Jika dalam 20 menit Anda masih belum tidur kala sudah berbaring di kasur, keluarlah dari kamar Anda. Cobalah untuk membaca buku bersama dengan penerangan yang redup, sampai Anda mulai lelah.

3. Pola makan sehat

Salah satu alasan mengapa sindrom dyspepsia sering kambuh adalah pola makan yang tidak cukup sehat. Cobalah untuk hindari makanan berat, pedas, atau manis di malam hari. Biasakan untuk tidak makan dua jam sebelum saat tidur.

Mengatur pola makan termasuk mampu melindungi berat badan selalu stabil, sehingga mengurangi mungkin rasa mulas kala tidur. Mulailah hidup sehat sehingga terhindar dari penyebab sakit maag gara-gara tidak cukup tidur.

4. Mengubah posisi tidur

Tidur dalam suasana menelungkup ternyata berefek tidak baik pada asam lambung kita. Posisi berikut mensejajarkan kerongkongan Anda bersama dengan perut. Cobalah untuk tidur bersama dengan posisi telentang. Usahakan untuk gunakan bantal sebagai penyangga kepala kira-kira 15 cm.

Posisi ini mampu melindungi kerongkongan selalu berada di atas perut. Selain itu, mampu kurangi efek asam lambung naik. Akan tetapi, kalau Anda terbiasa tidur bersama dengan posisi miring ke kanan atau kiri, direkomendasikan untuk mengambil alih sebelah kanan sehingga kurangi tekanan pada jantung kita.

Perlu diingat bahwa penyebab maag kambuh tak cuma akibat tidak cukup tidur. Namun termasuk gara-gara pola makan dan tipe hidup yang tidak sehat. Bila Anda sudah melakukan perbaikan jadwal tidur dan sudah mulai cukup istirahat, namun gejala maag selalu keluar maka sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0