4 Gejala Alergi Akibat Pemakaian Sunscreen, Berbahaya!

Seiring dengan meningkatnya risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV, sunscreen (tabir surya) menjadi salah satu alur perawatan kulit yang perlu digunakan setiap hari. Sayangnya, tak semua orang sanggup menggunakan sunscreen dengan aman. Ya, bagi sejumlah orang, bahan kimia yang terdapat di dalam sunscreen justru sanggup membawa dampak reaksi alergi. Gejala alergi yang ditimbulkan dari tabir surya sanggup berkisar dari mudah hingga parah.

Penyebab alergi sunscreen

Sama layaknya alergi lainnya, alergi sunscreen sanggup berlangsung ketika Anda mempunyai sensitivitas pada salah satu dari banyak bahan yang terdapat di dalam tabir surya. Ya, lebih dari satu orang bisa saja mempunyai reaksi pada pewangi, pengawet, penyerap UV, atau komponen lain yang terdapat di dalam susncreen.

Menurut American College of Allergy, Asthma, dan Immunology, lebih dari satu bahan kimia yang kerap membawa dampak reaksi alergi pada lebih dari satu orang di antaranya:

  • Oxybenzone
  • 4-isopropyl-dibenzoylmethane
  • PABA (para-aminobenzoic acid)
  • Ester
  • Avobenzone
  • Cinnamates

Gejala alergi sunscreen

Gejala alergi sunscreen sanggup berbeda pada setiap orang. Beberapa orang sanggup membangkitkan tanda-tanda alergi segera sesudah menggunakan tabir surya. Sementara yang lain sanggup mengalami reaksi lebih dari satu hari atau lebih-lebih bertahun-tahun sesudah menggunakan produk sunscreen yang sama.

Secara umum, selanjutnya tanda-tanda alergi tabir surya yang perlu Anda waspadai.

  • Ruam kemerahan di kulit
  • Kulit menjadi gatal dan nyeri
  • Terjadi pembengkakan
  • Muncul lepuhan yang terisi cairan

Kadang-kadang, seseorang bisa saja tidak bakal mengalami reaksi alergi hingga tabir surya yang udah dioleskan di kulitnya terkena sinar matahari. Jenis reaksi ini di dalam istilah medis disebut dermatitis kontak fotoalergi.

Faktor risiko alergi sunscreen

Pada dasarnya, siapa saja sanggup mengalami alergi sunscreen. Namun, ada sejumlah orang yang paling berisiko terkena alergi sunscreen, di antaranya:

  • Wanita, gara-gara berbagai produk skin care atau kosmetik lebih banyak digunakan oleh wanita ketimbang pria.
  • Memiliki riwayat keluarga yang terhitung mengalami alergi sunscreen
  • Memiliki jenis kulit sensitif.
  • Memiliki riwayat penyakit dermatitis atopik.
  • Menerapkan sunscreen di kulit yang rusak atau terdapat luka terbuka.
  • Orang-orang yang bekerja di luar ruangan, layaknya pekerja konstruksi dan petugas kebersihan jalan.

Cara menangani alergi sunscreen

Cara meredakan tanda-tanda alergi tabir surya sesungguhnya mirip dengan alergi kulit lainnya. Hal pertama yang perlu Anda melaksanakan adalah segera hentikan pemakaian terkecuali Anda membangkitkan tanda-tanda alergi layaknya yang udah disebutkan di atas.

Dalam masalah yang ringan, ruam kemerahan di kulit sanggup mereda dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Sementara di dalam masalah tengah hingga berat, Anda bisa saja memerlukan obat steroid oles atau oral untuk kurangi peradangan dan reaksi lainnya. Obat antihistamin oral terhitung sanggup digunakan untuk menolong kurangi rasa gatal dan tanda-tanda alergi.

Akan tetapi, sebelum akan menggunakan berbagai obat-obatan tersebut, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terutama dahulu. Jika Anda membeli obat obat bebas tanpa resep dokter, baca saran pemakaian obat dengan teliti agar risiko pengaruh samping sanggup dihindari.

Selain minum obat, Anda terhitung sebaiknya menghindari paparan sinar matahari untuk sementara sementara atau hingga kulit Anda terlalu sembuh. Tergantung pada tingkat keparahannya, Anda bisa saja memerlukan lebih dari satu hari untuk sanggup pulih sepenuhnya.

Jangan curiga konsultasi ke dokter kulit

Alergi sunscreen jarang terjadi, tetapi terkecuali Anda kuatir bakal mengalaminya, jangan curiga untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Dokter bisa saja bakal melaksanakan serangkaian tes untuk memastikan ada tidaknya reaksi alergi yang Anda munculkan pada bahan tertentu di dalam produk sunscreen.

Jika sesudah pemeriksaan ditemukan Anda positif mengalami alergi sunscreen, dokter bakal memberi tambahan petunjuk produk sunscreen lain dengan bahan-bahan yang lebih safe digunakan untuk Anda.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Logo
Login/Register access is temporary disabled
Compare items
  • Total (0)
Compare
0